Jumat, 13 April 2012

Laut mati (Israel, Yordania, Palestina)

Laut mati (Israel, Yordania, Palestina)


Laut Mati adalah danau garam antara Tepi Barat / Palestina / Israel dan Yordania barat ke timur. Pada 420 meter di bawah permukaan laut, pantainya adalah titik terendah di bumi yang ada di lahan kering. Dengan 30 salinitas persen, adalah 8,6 kali lebih asin dari laut.


Laut Mati yang terletak di perbatasan Israel dan Yordania terancam kering. Permukaan laut mati ini terus menyurut seolah pernah mengulang periode kekeringan yang pernah terjadi sebelumnya. Perbedaannya kali ini, menurut Peneliti dari Tel Aviv University dan Hebrew University, kini tak lagi didorong oleh iklim dingin.

" Yang terjadi saat ini mirip dengan periode kering di masa lalu" kata Ben Avraham, Peneliti Geologi dari Tel Aviv University, Rabu 11 April 2012. " Kali ini manusialah yang menjadi penyebab kekeringan ini"

Avraham mengaku menemukan bukti kekeringan setelah melakukan pengeboran sedalam 460 meter di bawah dasar laut mati. Sedimen tersebut mencatat seluruh fenomena alam yang terjadi di daerah itu, selama 200 ribu tahun terakhir.

Hasil pengeboran, mengandung lapisan garam yang menunjukkan pasang surut alir di laut mati. Dari lapisan ini, peneliti bisa menyelidiki periode kekeringan dan curah hujan rendah yang menyebabkan air menyusut hingga ke tengah laut.

Saat ini, kata Avraham, air yang seharusnya mengalir ke laut mati, kini dibelokkan ke daerah lain untuk memenuhi kebutuhan petani. Pemenuhan kebutuhan manusia inilah yang menyebabkan pasokan air ke Laut Mati berkurang drastis. Surutnya permukaan laut diperkirakan akan terus berlangsung jika manusia terus mengeksploitasi air Sungai Jordan. Periode kekeringan bisa saja menghampiri Laut Mati dalam waktu dekat.

Perairan Laut Mati mengisi daerah di daratan seluas 810 kilometer persegi. Titik terdalam di laut ini berada sejauh 377 meter dari permukaan air. Kedalaman rata-rata laut adalah 118 meter, juga menjadi wadah bagi air laut dengan kadar garam setinggi 33,7 persen.

Wisatawan banyak berkunjung ke kawasan ini. Di laut dengan bibir pantai sepanjang 125 kilometer ini, wisatawan bisa mengapung tanpa alat bantu. Mineral dari dasar laut juga dipakai untuk kosmetik dan pengobatan.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/061396457/p-Laut-Mati-Kini-Alami-Kekeringan-Lagi


komentar : laut mati adalah satu-satunya laut yang di kenal tidak berfungsi atau mati di dunia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar