Jumat, 13 April 2012

Tugas Pariwisata 1


Tugas
Apa yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan perjalanan wisata?

Jawaban :

Persiapan sebelum melakukan perjalanan wisata atau liburan baik domestik maupun mancanegara meliputi :
1.      Menentukan lokasi tujuan perjalanan
Tentukan lokasi tujuan wisata, bisa melalui internet  maupun bertanya pada orang terdekat.  Ini penting, sebab sebelum melangkah, kita memang perlu mengetahui hendak ke mana. Kalau tidak, maka kita hanya akan melakukan pemborosan biaya, waktu, dan tenaga.
2.      Pemilihan Jasa Transportasi
Pastikan terlebih dahulu anda menentukan jasa transportasi apa yang akan anda gunakan. Tentunya yang cocok dengan budget dan sesuai dengan keinginan anda.
3.      Persiapkan dana
Ini meliputi dana untuk:
ü  Transportasi
Carilah info berapa uang yang harus anda keluarkan sesuai dengan jasa transportasi yang telah Anda tentukan. Kalau bawa mobil pribadi, berapa liter bensin yang harus dibeli. Rincikan daftar dana transportasi dengan baik.
ü  Akomodasi
Pilihlah biro perjalanan yang pas dengan keuangan anda, tapi harus tetap memilih jasa perjalanan yang profesional. Tentukan berapa lama anda akan berada di tempat wisata tersebut.

4.     Membuat rencana hal-hal yang akan dilakukan dan dikerjakan
Buatlah list mengenai hal-hal yang akan Anda lakukan dalam perjalanan wisata maupun ketika sudah sampai di tujuan. Lakukan reset di internet untuk membantu hal tersebut. Mungkin saja ada beberapa event menarik yang ingin Anda kunjungi tapi harus booking terlebih dahulu. Merencanakan apa saja yang ingin dikunjungi ketika anda melakukan perjalanan wisata akan melegakan memudahkan Anda.

5.     Membuat packing list
  Mulailah membuat packing list 2 minggu sebelum hari H. Hal tersebut menghindari anda lupa akan   sesuatu yang perlu dibawa. Setelah anda yakin bahwa semua hal yang harus dibawa sudah dalam packing list, maka mulailah melakukan packing 1 atau 2 hari sebelum hari H

6.     Persiapan perlengkapan
  Perlengkapan meliputi :
ü  Makanan
Persiapan bekal makanan sangat penting. Meskipun kita sudah membayar kepada  jasa penyedia pariwisata sebagai biaya makan, namun kita juga harus mempersiapkan bekal makanan cadangan seperti cemilan maupun makanan pokok.
ü  Obat-obatan
Buatlah janji dengan dokter Anda untuk mendiskusikan obat-obatan/vitamin apa saja yang perlu untuk dibawa. Ingat, anda berpergian jauh dari lingkungan tempat tinggal yang anda sendiri tidak mengetahui bagaimana keadaan disana. Jangan sampai anda pulang dalam keadaan sakit.
7.      Cek dan Re-Cek kelengkapan dokumen
Jangan pernah lupa untuk membawa kartu identitas diri dan Surat Ijin Mengemudi. Jika akan wisata ke luar negeri, bekali diri kalian dengan paspor dan visa yang terbaru. Kadang ada beberapa negara yang mensyaratkan agar mengurus visa terlebih dahulu sebelum berpergian, tapi ada juga negara-negara yang memberi kelonggaran, artinya dapat mengurus visa ketika tiba di negara tujuan. Untuk lebih aman lagi yakinkan juga perjalanan sudah tercover asuransi.
8.      Tetap Perhatikan Keadaan Rumah
Walaupun Anda sedang wisata jauh dari rumah, bukan berarti Anda tidak memperhatikan keadaan rumah yang sedah ditinggalkan. Yakinkan anda mempunyai seseorang yang dapat membantu mengurus rumah, tanaman peliharaan, menyimpan surat-surat dan tagihan jika ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar